Meningkatkan Soft-Skill siswa dengan Muhadhoroh 11Jan

Meningkatkan Soft-Skill siswa dengan Muhadhoroh

MAN 2 Serang- Seluruh warga MAN 2 Serang melaksanakan rutinitas hari Senin yaitu dengan menyelenggarakan acara Muhadhoroh di depan gedung baru  pada hari Senin 10 Januari 2022. 

 

Muhadhoroh secara bahasa berasal dari bahasa Arab dari suku kata hadhoro yuhaadiru muhadhorotan , muhadhoroh adalah isim masdar qiasi yang artinya “saling hadirmenghadiri”. Sedangkan menurut istilah muhadhoroh adalah suatu kegiatan aktivitas manusia dalam membicarakan suatu masalah degan cara berpidato atau berdiskusi yang dihadiri oleh orang banyak audien. Muhadhoroh yang dilakukan di MAN 2 Serang adalah pelatihan pidato yang dilaksanakan setiap Senin di minggu perta setiap bulannnya. Pada kegiatan ini siswa-siswi MAN 2 Serang tidak hanya berpidato saja melainkan ada yang bertugas menjadi MC atau pembawa acara, pembaca Al Quran dan hiburan. Kegiatan ini merupakan kegiatan penting bagi seluruh siswa siswi MAN 2 Serang untuk melatih kemampuan soft skill seperti berbicara, kepercayaan diri dan mental.

 

Selaku WAKA Kesiswaan, Bapak Dendi Jakia Rajak S.Pd memastikan keterlaksanaan serta kelancaran kegiatan hari ini. Acara muhadhoroh disambut baik oleh bapak kepala Madrasah yaitu bapak Dr. Momon Andriwinata, M.Pd, bapak ibu dewan guru dan staf MAN 2 Serang, serta dosen dan mahasiswa PPL STAIKHA. Setiap siswa nantinya akan mendapatkan giliran tugas untuk berpidato, menadi MC, pembaca Al Quran dan terjemahan, serta hiburan. Para petugas diwajibkan membuat materi pidato dua hari sebelumnya agar mereka memiliki perisiapan yang matang untuk memahami dan menghafal pidato yang telah ditulis sehingga siswa dan siswi yang bertugas tidak grogi saat berbicara di depan teman-temanya. Berikut ini adalah nama-nama petugas pada acara Muhadoroh hari ini: Anurul Larasati dan Delisa Duhana bertugas sebagai MC, Nuryadi bertugas untuk pidato Bahasa Inggris, Nurul Fitri bertugas untuk pidato Bahasa Arab, Nurul Anisa  bertugas untuk pidato Bahasa Indonesia, Masri bertugas sebagai qori, dan Lisa bertugas sebagai Sartitilawah.

 

Alhamdulillah, muhadhoroh hari ini berjalan dengan lancar dan penuh kebermanfaatan. Kami ucapkan terimakasih banyak kepada Bapak Dendi yang telah mengkondisikan agar acara ini berlangsung dengan baik, para petugas, OSIS, Grub marawis dan para hadirin atas kehadirannya hari ini.

See you on the next Muhadoroh.

Wassalamualaikum wr wb.

Share: